Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cilor Cemilan Terfaforit Menggugah Selera

Cilor adalah aci telor yang terdiri dari paduan antara tepung tapioka(sagu) yang di buat dengan cara di uleni dengan air dan di bentuk sedemikian rupa kemudian direbus, lalu di goreng dengan campuran telor dan di kasih bumbu aneka rasa.

Cilor merupakan cemilan terlaris pada saat ini, terutama pada kalangan anak anak sekolah, bahkan sampai para remaja dan ibu ibu pun menyukai cemilan yang satu ini.

topkulliner.blogspot.com
Cilor siap santap

Selain rasa yang menggugah selera cemilan dari khas sunda ini sudah menyebar di seluruh pelosok jawa barat, yang nantinya juga akan menyebar ke seluruh nusantara. Karena rasanya yang pedes gurih nikmat ini , membuat sobat yang menycicipi pasti di jamin ketagihan.

Kenapa saya berani menulis artikel seperti ini,,?

Jawabanya adalah" karena saya pribadi adalah salah satu penjual cilor keliling sebagai kerjaan sambilan saya. Yang mana tiap harinya saya selalu di sibukan dengan pembeli cilor di daerah kirana cikarang.


Bagaimana sih cara membuat cilor,,?



Cara membuat cilor sebenarnya adalah hal yang sangat mudah, dan gampang di praktekin di dapur andalan ibu ibu semua.

Berikut resep cara pembuatan cilor karya saya pribadi, yang saya jual tiap hari setelah pulang dari kerja pabrik, atau ketika libur pabrik, yaitu sabtu dan minggu.


Bahan yang perlu di siapkan



1. ½ kg tepung tapioka(sagu)
2. 100 gr terigu
3. 2 hlai daun bawang sledri
4. 1 sdm Minyak goreng murni
5. Bumbu aneka rasa,(balado, berby kue, bumbu cabe/aida)
6. 1. Butir telor negri.
7. ½ liter air matang


Cara pembuatan aci


topkulliner.blogspot.com
Gambar keterangan
Pembuatan aci

  1. Campurkan adonan antara tepung sagu dengan terigu dan daun bawang sledri yang sudah di cincang halus, sesuai takeran di atas, aduk sampai merata.
  2. Campurkan minyak goreng murni dengan air mendidih sesuai takaran di atas. (Minyak goreng bertujuan agar adonan nantinya tidak lengket).
  3. Campurkan semua adonan dan siram dengan air campuran minyak, aduk aduk sampai merata, dan uleni pakai tangan sampai, kalis.
  4. Setelah kalis, angkat dan cetak, dengan cara di slender terlebih dahulu pada sebuah nampan atau papan dengan menggunakan botol, atau kalo punya, pakai alat pemipih adonan yang biasa di pakai tukang molen pisang.
  5. Buatlah kotak kotak kecil dengan menggunakan pisau, dengan cara menggaris fertikal dan horisontal(kesamping dan kebawah) Membentuk persegi.
  6. Siapkan air mendidih, ± 3 liter dan rebus bahan acian yang sudah di bentuk tadi sampai matang, yaitu di tandai dengan munculnya acian pada permukaan air, artinya acian sudah matang.

Gampangkan membuat acinya..?


Sekarang tinggal tahap penggorengan aci yaitu, mari di disimak..!



1. Siapkan penggorengan, masukan minyak goreng, tunggu sampe minyak mendidih.

2. Goreng aci yang sudah di cetak dan direbus, siram dengan telor 1 sdm' yang sudah dikocok dengan di campuri air sedikit.
Kenapa di campuri air,,?
Bertujuan untuk memudahkan dalam mengambil telor dalam takaran.

3. Kalau acian sudah mengering, silahkan di balik, dan tunggu sampai matang, kemudian angkat.

Proses penggorengan selesai sekerang tinggal di kasih bumbu aneka rasa.,yaitu dengan cara di taburkan ke cilor yang sudah di goreng tadi, lalau di aduk aduk sampai cilor hancur dan bumbu aneka rasa tercampur dengan sempurna.
Di sini saya memakai bumbu aneka rasa " balado, barbykue, dan bumbu pedas (aida/ bon cabai). Hasilnya seperti ini,

Untuk lebih jelasnya lagi, tonton"
vidio cara membuat cilor sepesial

Selamat mencoba semoga bermanfaat . apabila sobat masih binggung atau kurang jelas silahkan jangan sungkan sungkan bertanya, dengan cara isi komentar di bawah.

Baca juga pengalaman pribadi saya. yaitu"
" lika liku Seorang  Penjual Cilor Keliling"
Dan baca juga"
4 Alasan Kenapa Buruh Harus Kerja Sambilan
Baca juga"
Dampak Tahun Baru Bagi Penjual Cilor Keliling

Post a Comment for "Cilor Cemilan Terfaforit Menggugah Selera"